By | January 27, 2021

Menteri Koordinator Sektor Ekonomi Airlangga Hartarto percaya jika perekonomian Indonesia akan sembuh di 2021. Kepercayaan itu dilandasi beberapa tanda ekonomi yang mulai memberikan kenaikan.

“Beberapa kesempatan yang nampak diantaranya berlangsungnya perbaikan perekonomian diperlihatkan oleh pengokohan nilai ganti rupiah dan pasar saham,” katanya pada acara Outlook Ekonomi Indonesia 2021

Ia menyebutkan Index Harga Saham Kombinasi (IHSG) telah ke arah zone hijau dari yang awalnya sempat tersuruk di bawah 4.000. Di tahun akhir ini IHSG bahkan juga telah tembus kembali di tingkat 6.100. “Pasti ini adalah yang telah positif,” katanya.

Di lain sisi, harga komoditas Indonesia juga kembali memberikan pembaruan. Itu nampak dari harga kelapa sawit atau komoditas CPO mulai memberikan kenaikan.

Baca Juga : Jokowi Terus Berkomitmen Untuk Lanjutkan Dana Bansos

“Ini dengan program B30 ini merupakan menggerakkan ekonomi di daerah Sumatera dan Kalimantan khususnya untuk menggerakkan nilai ganti dibanding perkebunan,” katanya.

Seterusnya, pembaruan berlangsung di bidang manufacturing global, yang rerata telah di atas 50. Spesial Indonesia, index PMI bahkan juga tumbuh di atas rerata global yaitu di tingkat 5,60.

Selanjutnya, konsumsi rumah tangga berlangsung pembaruan. Ini tercermin dari consumer confidence sudah mulai naik, begitupun dari sisi supply. Tidak itu saja, bidang pertanian info dan komunikasi, layanan kesehatan dan layanan pengajaran jadi beberapa sektor yang sembuh lebih dulu, bahkan juga tumbuhnya berarti.

“Dalam makna ia positif di pada kondisi wabah hingga pasti ini jadi pengungkit untuk ekonomi di semester atau pada tahun depan,” terang ia.

Vaksinasi Covid-19 Akan Dorong Perekonomian Indonesia

Menteri Koordinator Sektor Ekonomi (Menko) Airlangga Hartarto menjelaskan, vaksinasi yang akan dikerjakan ke warga adalah cara penggerak dalam capai sasaran perkembangan ekonomi nasional sejumlah 5 % untuk tahun ini.

“Kita menyaksikan pada Januari ini atau selama setahun 2021 APBN kita dibuat untuk menggerakkan perkembangan ekonomi di angka 5 %,”

Airlangga menerangkan, tiga juta vaksin sudah dikirim ke bermacam wilayah dan diinginkan tengah Januari 2021 vaksinasi bisa dikerjakan secara setahap sampai kuartal pertama 2022.

Penerapan vaksinasi yang sekarang ini masih menanti BPOM keluarkan Emergency Use Authorization atau MUI keluarkan sertifikat kehalalannya ini akan tingkatkan keyakinan diri warga dalam melakukan aktivitas.

Rutinitas yang bertambah itu ikut menggerakkan aktivitas konsumsi dan daya membeli warga bertambah lebih bergerak hingga sasaran perkembangan 4,5 % sampai 5 % untuk tahun ini akan sanggup terwujud.

“Warga cukup optimis untuk lakukan konsumsi. Sekarang ini confident tingkat itu telah bertambah. Konsumsi warga telah bergerak,” ucapnya.

Ditambah lagi, Airlangga makin optimis perkembangan sanggup capai 5 % sebab menyaksikan Indonesia yang sudah melalui rock bottom pada kuartal II-2020 yaitu minus 5,32 % dan lebih baik pada kuartal III jadi minus 3,49 %.

Tidak itu saja, beberapa instansi internasional seperti World Bank ikut memprediksi perkembangan perekonomian Indonesia sampai 4,4 %, IMF memproyeksikan sejumlah 6,1 %, dan ADB memprediksikan 5,3 %.

Meskipun begitu, Airlangga memperjelas pemerintahan dan warga tetap harus lagi mengawasi dinamika wabah COVID-19 seperti timbulnya strain baru di Inggris dan pengetatan kembali di Thailand dan Jepang.

“Pasti kita harus juga menyaksikan dinamika dari wabah COVID-19,” ucapnya.

Covid-19 Masih Jadi Hambatan Perkembangan Ekonomi

Awalnya, Wabah Covid-19 masih jadi rintangan khusus untuk pemulihan dan perkembangan ekonomi nasional di tahun ini. Pemerintahan juga dipandang harus dapat manfaatkan wabah untuk lakukan reformasi sistematis secara baik.

“Dari semuanya yang ada, masih rintangan intinya ialah wabah Covid-19. Ini dapat disaksikan dari warga dan pemerintahan yang menanti berita baik dari vaksin dan kepercayaan jika vaksin dapat kembali mengembalikan semua,” ungkapkan ekonom makroekonomi dan pasar keuangan LPEM FEB UI, Teuku Riefky